Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat bidang PTSP

  • Wednesday, 28 March 2018

Dalam rangka evaluasi pelaksanaan tugas pelayanan penanaman modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Anambas, sesuai amanat UU No.25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu melaksanakan survey indeks kepuasan masyarakat kepada para pengguna jasa pelayanan penanaman modal PTSP. Data dan informasi hasil penyebaran kuesioner kepada para pengguna jasa tersebut akan digunakan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan penanaman modal PTSP. Berdasarkan hasil survey yang dilaksanakan sejak tanggal 6 sampai dengan 20 Maret 2018, melalui penyeberan kuesioner kepada pengguna jasa pelayanan penanaman modal PTSP secara langsung diperoleh responden total sebanyak 150 pengguna jasa.
 

Hasil suvey

Berdasarkan pengukuran kesuluruhan kuesioner (150 kuesioner) yang telah terisi oleh responden terhadap kualitas ruang lingkup pelayanan, diperoleh hasil skor Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan angka Indeks sebesar 79,15. Hal ini menunjukkan kinerja unit pelayanan PTSP di kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Anambas berada dalam mutu pelayanan B dengan kategori BAIK. Ini berdasarkan klasifikasi penilaian dari PermenPAN RB yang terdiri dari :

Nilai
Persepsi
Nilai Interval
IKM
Nilai Interval
Konversi IKM
Mutu
Pelayanan
Kinerja Unit
Pelayanan
1 1,00-1,75 25,00-43,75 D Tidak baik
2 1,76-2,50 43,76-62,50 C Kurang baik
3 2,51-3,25 62,51-81,25 B Baik
4 3,26-4,00 81,26-100,00 A Sangat baik









Ruang lingkup (Unsur Pelayanan)
Berdasarkan penilaian terhadap jawaban yang diberikan oleh seluruh responden terhadap seluruh kriteria tersebut sebagaimana tercantum dalam kuesioner, diperoleh hasil sebagai berikut : 

No. Ruang Lingkup (Unsur Pelayanan) NRR
(Skala 4)
1. Prosedur pelayanan 2,97
2. Persyaratan pelayanan 3,15
3. Kejelasan petugas pelayanan 3,25
4. Kedisiplinan petugas pelayanan 3,15
5. Tanggung jawab petugas pelayanan 3,23
6. Kemampuan petugas pelayanan 3,25
7. Kecepatan pelayanan 3,08
8. Keadilan mendapatkan pelayanan 3,19
9. Kesopanan dan keramahan 3,35
10. Kewajaran biaya pelayanan 3,26
11. Kepastian biaya pelayanan 3,29
12. Kepastian jadwal pelayanan 3,11
13. Kenyamanan lingkungan 3,09
14. Kenyamanan pelayanan 3,23
NRR IKM Tertimbang 3,166
Setara ({3,166:4} x 100) 79,15






















Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa unsur yang memiliki Nilai Rata-Rata (NRR) tertinggi adalah Kesopanan dan Keramahan dengan indeks sebesar 3,35. Hal ini berarti bahwa responden telah cukup puas dengan cara pelayanan yang lebih mengutamakan Kesopanan dan Keramahan.
Sementara itu, unsur yang memiliki Nilai Rata-Rata (NRR) terendah adalah Prosedur Pelayanan dengan indeks sebesar 2,97. Meskipun Prosedur Pelayanan memiliki nilai NRR terendah, unsure tersebut masih masuk dalam kategori BAIK (Interval 2,51-3,25), sehingga kedepannya ini menjadi unsur yang mendapatkan perhatian lebih agar tercapai pelayanan publik yang berkualitas prima di PTSP KKA.
Berikut adalah unsur pelayanan yang masih perlu ditingkatkan, karena memiliki indeks dibawah NRR IKM tertimbang (sebesar 3,166) :

No. Ruang Lingkup (Unsur Pelayanan) NRR Tertimbang
(Skala 4)
Kategori Unsur
Kinerja Unit Layanan
1. Prosedur pelayanan 2,97 Baik
2. Persyaratan pelayanan 3,15 Baik
3. Kedisiplinan petugas pelayanan 3,15 Baik
4. Kecepatan pelayanan 3,08 Baik
5. Kepastian jadwal pelayanan 3,11 Baik
6. Kenyamanan lingkungan 3,09 Baik












Berikut hasil pengolahan kuesioner yang telah terisi oleh responden terhadap kualitas ruang lingkup pelayanan di Kantor PTSP Kabupaten Kepulauan Anambas, dalam bentuk grapik.

Meskipun terdapat 6 unsur ruang lingkup pelayanan yang dibawah nilai rata-rata tertimbang sebesar 3,166, keenam unsur tersebut masih dalam kategori BAIK. Hal ini menggambarkan bahwa secara kesuluruhan penilaian masyarakat terhadap ruang lingkup pelayanan penanaman modal PTSP di Kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Anambas pada umumnya sudah baik dan masyarakat sudah merasa puas dengan unsur-unsur pada ruang lingkup pelayanan tersebut.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Secara umum kualitas pelayanan pada unit pelayanan penanaman modal PTSP Kabupaten Kepulauan Anambas dipersepsikan baik oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang diperoleh yaitu berkisar di antara 62,51-81,25.
Nilai IKM yang diperoleh pada 14 unsur ruang lingkup pelayanan adalah sebesar 79,15. Unsur pelayanan yang dianggap paling memuaskan oleh responden adalah Kesopanan dan Keramahan (3,35) dan yang dianggap kurang memuaskan adalah Prosedur Pelayanan (2,97)
Dengan demikian kiranya upaya Kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Anambas yang sangat diharapkan oleh para pengguna jasa dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan penanaman modal PTSP Kabupaten Kepulauan Anambas adalah memaksimalkan prosedur pelayanan sehingga terwujudlah kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan.

Copyright © 2014. | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas. | All right reserved.